Resep Membuat Keripik Nangka Istimewa Nyammi

|Nangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di Indonesia, daging buah nangka sendiri mempunyai citarasa yang sangat khas sehingga tak heran jika banyak yang suka dengan buah yang satu ini. Buah nangka yang masih muda bisa kita olah menjadi gudeg sebagai menu masakan yang enak, sedangkan daging buah nangka yang sudah matang bisa kita langsung makan atau bisa juga dijadikan sebagai es nangka dan bisa juga diolah menjadi sebuah keripik nangka yang renyah dan gurih.

Resep olahan yang menarik dari buah nangka yaitu menjadikannya keripik nangka yang renyah. Keripik nangka ini tidak kalah enaknya dengan keripik-keripik pada umumnya, hanya saja cara mengolahnya agak sedikit rumit dan memerlukan kesabaran yang lebih. Namun terlepas dari semua itu, dibawah ini ada sebuah resep tentang cara membuat keripik nangka yang dapat anda coba praktikan dirumah. Semoga resep yang satu ini dapat membantu anda dalam menghidangkan cemilan yang enak untuk anak-anak dan keluarga dirumah.
Resep Keripik Nangka
Keripik Nangka

Bahan dan bumbu
  • 500 gram daging buah nangka mengkal / belum terlalu matang
  • 1 liter air putih
  • 100 gram gula pasir
  • 50 gram garam halus
  • 100 gram larutan air kapur sirih
  • 1 kg minyak goreng

Cara membuat keripik nangka tradisonal yang renyah
  1. Daging buah nangka yang sudah disiapkan kemudian dipisahkan dari bijinya.
  2. Belah daging nangka menjadi 2-3 bagian / boleh sesuai selera lalu simpan diwadah.
  3. Rendam potongan daging buah nangka dengan larutan air kapur sirih selama 2 jam atau semalaman, (hal ini bertujuan agar getah yang melekat bisa hilang).
  4. Setelah direndam dengan larutan air kapur sirih, cuci dan bersihkan potongan daging nangka kemudian tiriskan sejenak.
  5. Larutkan garam dan gula pasir kedalam air putih kemudian rendam kembali potongan daging nangka selama 1 jam, setelah itu tiriskan kembali.
  6. Masukkan potongan daging nangka kedalam mesin vacuum friying (mesin penggoreng hampa udara), panaskan minyak goreng dengan suhu sekitar 90 drajat / bisa juga menggunakan wajan biasa.
  7. Kemudian goreng hingga daging buah nangkanya matang dan agak berubah warna.
  8. Angkat keripik nangka yang sudah matang kemudian tiriskan hingga minyaknya perlahan menetes, lakukan penggorengan sampai selesai.
  9. Setelah semua potongan daging nangka tergoreng dan telah siap menjadi keripik nangka yang renyah, masukkan kedalam toples atau plastic agar bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.
  10. Dan keripik nangka sisanya bisa kita hidangkan dipiring untuk dinikmati.
Itulah langkah-langkah tentang Cara Membuat Keripik Nangka Tradisional yang dapat anda coba dirumah. Semoga resep yang telah kami sajikan diatas dapat membantu dan bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya dan selamat menikmati.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments