Resep Cara Membuat Urap Kenikir + Sambal Tempe Nikmat

Beberapa hari ini admin jarang memberikan resep olahan sayur, yang mana sayur/sayuran sangat berguna /berfungsi bagi kesehatan tubuh dan proses pertumbuhan sel. Nah di siang hari ini kami ingin berbagi resep dari olahan sayur yang bernama Urap Sayur. Ada banyak sayuran yang bisa di bikin urap tapi yang ini kami memilih sayuran kenikir sobat udah pada tau kenikir kan,,,'' Kenikir adalah sayuran yang memiliki fungsi untuk mencegah penyakit diantaranya yaitu "kanker" dan banyak lagi fugsi dan manfaat yang lainnya. oke kita langsung saja ketopik utama :) ' Cara Membuat Urap Kenikir + Sambal Tempe jangan lupa kita siapin dulu bahan bahan seperti di bawah ini
Cara Membuat Urap Sayur
Urap Kenikir + Sambal Tempe

Bahan Membuat Urap Kenikir
  • 2 ikat kenikir, petiki daunnya lalu rebus
  • 50 gr taoge, seduh
  • 1 ikat bayam, siangi lalu rebus
  • 6 lembar daun kol, iris kasar lalu rebus
  • 6 lonjor kacang panjang, petiki lalu rebus
  • 1 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan
Bahan Untuk sambal tempe
  • 100 gr tempe, kukus lalu tumbuk kasar
  • 200 gr kelapa, parut kasar
Bahan bumbu Urap Kenikir Sambal Tempe
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 4 cm kencur
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 2 sendok teh garam
  • 1 1/4 sendok teh gula merah
  • 100 ml air
  • 1/2 sendok teh terasi, bakar
Resep Menarik Lainnya : Sayur Lodeh Terong Hijau
Cara membuat urap kenikir 
  1. Awalnya sobat campurkan kelapa yang telah di parut dengan bumbu yang telah sobat haluskan dan tempe, Kemudian sobatmasak di atas api kecil sambil di tambahkan dengan air hingga bumbu meresap dan matang, angkat. 
  2. Sobat aduk-aduk rata sayuran lalu tambahkan dengan sambal lalu aduk hingga rata dan segera sajikan dengan taburan bawang merah goreng. 
Selesai sudah proses pembuatan Urap Kenikir Sambal Tempenya. selain prosesnya tidak terlalu memakan waktu yang cukup lama cara membuatnyapun cukup mudah, terimakasih atas kunjunggan sobat aneka rasa selalu nantikan resep resep terbaru dari kami
SELAMAT MENCOBA
Read More

Resep Cara Membuat Bandeng Kuah Kuning Spesial

Sobat Aneka Rasa pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi resep dari olahan ikan. Yang mana ikan tersebut kita akan buat menjadi lezat dan nikmat. Sobat pastinya sudah kenal bukan dengan ikan bandeng''' selain dibakar dan di goreng ikan bandeng ini juga enak jika kita masak dengan kuah. oke langsung saja yuk kita bahas resep memasak ikan bandeng kuah kuning, selain bandengnya yang enak dimasak kuahnyapun terasa menyatu dengan rasa ikan sendiri, sobat penasaran bukan dengan cara memasak bandeng kuah kuning ini, mari kita siapkan dulu bahan bahan untuk membuatnya
Resep Cara membuat bandeng Kuah Kuning
Bandeng Kuah Kuning

Bahan Untuk Membuat Bandeng Kuah Kuning
  • 1 ekor ikan bandeng ukuran besar, potong potong
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok makan air asam jawa
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng
Bahan kuah Bandeng Kuning :
  • 1 1/2 liter air 
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah tomat, potong potong
  • 2 batang sereh, memarkan
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 4 sendok teh garam
  • 1 batang daun bawang, potong potong
  • 2 sendok makan bawang merah goreng
Bahan bumbu yang dihaluskan :
  • 3 butir kemiri, sangrai 
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit, bakar
  • 3 buah cabai rawit merah 
Resep Menarik Lainnya : Ikan Tenggiri Masak Ceng Cuan
Cara membuat bandeng kuah kuning :
  1. Langkah awal Ikan bandeng yang telah dibersihkan lumuri dengan air asam jawa, ketumbar bubuk, bawang putih, dan garam hingga rata, setelah itu sobat diamkan ikan selama 20 menit. 
  2. Langkah berikutnya Cara membuat kuahnya sobat : panaskan dulu sedikit minyak pada wajan lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan sambil di tambahkan dengan lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan sereh, tumis hingga matang. 
  3. Kemudian Masukkan tomat lalu aduk hingga layu. Angkat lalu masukkan tumisan bumbu ke dalam air yang telah di taruh dalam panci. 
  4. Lalu Tambahkan gula pasir dan garam lalu didihkan hingga harum. Masukkan ikan bandeng, masak hingga matang. 
  5. Sebelum di angkat, Sobat tambahkan dengan daun bawag lalu angkat dan sajikan bandeng kuah asam dengan taburan bawang merah goreng.
Selesai kita tinggal menyajikannya mudah bukan cara membuatnya.
SELAMAT MENIKMATI
Read More

Resep Cara Membuat Camilan Tekoyaki Spesial Ala Jepang

Sobat Aneka Rasa yang selalu hadir dengan ceria di sore hari ini" meski cuaca di lagit tidah begitu cerah sobat aneka selalu cerah menanti resep resep terbaru dari kami hahaha gak nyambung jek :V "
oke di kesempatan kali ini kami ingin berbagi resep yang cukup menarik bagi sobat semua. Resep yang satu ini kalau menurut kami sih bukan sebuah masakan akan tetapi lebih dominan ke sebuah camilan / jajanan kuliner yang bernama Tokoyaki sudah pada tau gak sobat jajanan kuliner ini, apa pernah mencoba mencicipi atau cuma hanya tahu mendengarkan namanya saja. Yuk sepertinya sobat sudah pada kagak tahan ingin tahu cara membuatnya dan juga yang pasti ingin langsung nyoba mencicipinya bagi sobat yang belum sihh :D " Kita simak dulu ya bahan bahan yang di perlukan dalam membuat Tekoyaki ini seperti yang sudah kami tulis di bawah ini.

Resep Cara Membuat Tekoyaki Spesial Jepang
Tekoyaki Ala Jepang



Bahan Untuk Membuat Takoyaki Special ala Jepang
  • Tepung terigu 200 gr bersama protein yang sedang/tinggi
  • 2 butir telur (ambil kuning telurnya saja)
  • Telur ayam 1 butir
  • Kaldu cair 400 ml
  • 3/4 sendok teh munjung baking powder
  • 150 gr cumi segar (kupas kulit cumi, kukus dulu potong berwujudkan dadu)
  • 1 buah daun bawang yang telah dicincang halus
  • Saus bulldog 100 ml
  • 75 ml mayonaise
  • Katsu busyi seperlunya
  • Minyak goreng, seperlunya
  • 3/4 sendok teh garam, untuk secukupnya
Resep Khas Bandung : "Seblak Basah Telor"

Cara Membuat Camilan Takoyaki
  1. Pertama-tama kocoklah telur beserta kuning telur hingga mengembang dan merata, Seterusnya tuangkanlah kaldu cair secara sedikit demi sedikit hingga adonan merata.
  2. Sesudah itu, campurkan pula tepung terigu yang berprotein tinggi atau sedang (pas selera), garam, baking powder dan selanjutnya dulu aduk-aduk sampai adonan rata dan tercampur seluruhnya.
  3. Masukkan adonan kedalam kaldu, dulu aduklah sampai adonan jadi kental dan tercampur merata sesudah adonan telah tercampur rata seluruhnya, sisihkan Anda jangan lupa siapkan kompor dengan api yang kecil saja.
  4. Selanjutnya panaskanlah cetakan takoyaki, olesi cetakan sebelumnya dengan minyak, setelah itu tuangkan adonan hingga 1/2 cetakan terhadap cetakan yang telah diolesi tadi.
  5. Setelah Itu masukkanlah potongan cumi (cocok selera) juga daun bawang, sebelumnya juga tuangkan kembali adonan tepung kembali utk menutupi isikan dari takoyaki tadi, setelah itu tutup cetakan takoyaki dan masak hingga adonan takoyaki mengembang. 
  6. Kemudian balik-balikkan adonan takoyaki memakai sumpit agar wujud dari adonan takoyaki terus bulat.
  7. Seterusnya masih masak adonan sampai adonan takoyaki benar-benar memang matang dengan cara merata, setelah itu angkat.
  8. Ulangi seperti cara yang ada di atas sampai adonan takoyaki sobat memang habis.
  9. Buat penyajiannya, anda sanggup taruh takoyaki yang telah matang di atas suatu piring, dulu taburi takoyaki dengan katsu busyi, dulu sajikan takoyaki bersama saus bulldog dan mayonaise.
Selesai dah proses membuat Camilan Tekoyaki spesialnya,serasa di Jepang kan sobat :V  bener bener mudah ya' sobat cara bikinnya camilan ini juga pas dihidangkan disore hari pas lagi hujan deras hahaha bercanda kok sobat sobat bisa sajikan kapan saja bersama keluarga tercinta. Sekian resep dari kami kurang lebihnya kami mohon maaf, terus nantikan hidangan gokil lainnya dari kami Aneka Rasa Selamat Mencoba !!!
Read More

Resep Cara Membuat Seblak Basah Telor Spesial Khas Bandung

Hay sobat Aneka Rasa yang selalu setia menemani kami dalam menyajjikan resep resep kuliner indonesia maupun resep dari mancanegara. Kali ini kami ingin berbagi resep dari negara kita sendiri lhoo... yaitu negara kita tercinta indonesia raya yang kaya akan kebudayaannya. Resep masakan yang satu ini berasal dari kota bandung yang biasa terkenal dengan kota kembang hehehe" bener gak ya... :) resep ini bernama Seblak Basah Telor Spesial. Sih ada kata spesial dibelakangnya pasti rasanya nikmak dan lezat. seblak telor basah ini adalah masakan khas bandung yang banyak diminati, apa sobat aneka rasa ingin mencobanya yuk kita sediakan bahan bahannya terlebih dahulu seperti yang telah kami saji di bawah ini.
Resep Membuat Seblak Basahh Telor Spesial
Seblak Telor Basah Spesial

Bahan untuk membuat Seblak Basah Telor
  • Kerupuk sagu mentah warna putih 
  • 100 gr minyak sayur 
  • 2 sendok makan 
  • Bakso sapi 6 butir, iris dengan tipis 
  • Telur ayam 1 butir, kocok 
  • Daun bawang 1 batang, iris halus 
  • Garam 1 sendok teh 
  • Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh 
  • Air 50 ml 
  • Bawang merah goreng buat taburan
Bumbu Yang di Haluskan
  • Cabai rawit merah 10 buah 
  • Bawang putih 3 siung 
  • Kencur 3 senti meter 
  • Bawang merah 2 butir 
Resep Menarik Lainnya : "Soto Khas Bogor"

Cara Memasak Dalam Membuat Seblak Basah Telor
  1. Langkah awal sobat rendam terlebih dulu kerupuk mentah bersama air panas biar kenyal. Kurang lebih kurang lebih 10 menit (jangan terlalu lama ya sobat). Kemudian sobat tiriskan dulu, dan sisihkan saja.
  2. Sobat Panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu halus hingga tercium bau harumnya(bukan harum gosong ya sobat :D )
  3. Lalu Sobat tuangkan bakso sapi dan kerupuk yang telah direndam tadi beserta telur yang telah dikocok sebelumnya, aduk hingga berserabut deh sobat. 
  4. Nah ini bagian yang terpenting sobat agar rasa dan aromanya pas sobat tambahkan daun bawang, kaldu ayam bubuk, dan garam dulu aduk hingga rata. 
  5. Tak lama kemdian sobat tuangkan air 50 ml dan masak hingga seluruhnya bahan menjadi matang ya sob. 
  6. Yang terakhir sobat sajikan dah seblak basah dengan ditaburi bawang goreng di atasnya
Resep diatas hanya bisa sobat sajikan dalam jumlah 6 porsi saja. Cukup mudah bukan cara membuat seblak basah telor khas bandung ini. Selamat mencoba sampai ketemu lagi di resep resep baru berikutnya dari Aneka Rasa. Terima Kasih atas kunjungannya. :)
Read More

Resep Cara Membuat Soto Khas Bogor Spesial Dengan Mudah

Terima kasih atas kestiaan sahabat aneka rasa yang selalu mengikuti resep resep terbaru dari kami. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi kepada sobat pecinta masakan kuliner indonesia tentang resep masakan yang namanya soto, sudah pada mengenal bukan yang namanya soto. Tapi masakan soto kali ini adalah Soto Spesial dari Bogor sobat. udah pada gak tahan bukan ingin tau rahasianya cara memasak / membuat soto Bogor. Yuk kita sediakan dulu bahan bahan dalam membuat soto bogor seperti yang ada dibawah ini....!!!
Soto Khas Bogor Spesial
Soto Khas Bogor

Bahan Cara Membuat Soto Bogor Spesial
  • 300 gram daging sapi sengkel
  • 200 gram paru sapi kita rebus
  • 200 gram usus sapi kita rebus
  • 200 gram babat sapi kita rebus
  • 2 sendok teh asam jawa
  • 1 1/2 liter air kaldu dari rebusan daging sapi sengkel
  • 3 cm jahe kita memarkan
  • 5 lembar daun jeruk buang tulang daunnya
  • 2 liter santan terbuat dari
  • 1 butir kelapa
  • 3 batang serai kita memarkan
  • 4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 batang daun bawang potong potong
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 blok kaldu sapi
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
Bumbu Yang Dihaluskan : 
  • 14 butir bawang merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 4 cm kunyit kita bakar
  • 8 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri kita sangrai

Bahan sambal Soto Bogor :
  • 12 buah cabai rawit merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 3 buah bawang merah

Bahan Pelengkap Soto Bogor :
  • 5 sendok makan bawang merah goreng
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 100 gr emping goreng
  • 5 tangkai seledri, iris tipis
  • 2 batang daun bawang, iris halus
Ingat Sobat jangan sampai ada yang kurang bumbu bumbu diatas tadi nanti rasanya juga kurang ok lho :). Kita langsung saja ke tahap cara membuatnya simak baik baik ya sobat aneka rasa ...


Cara Membuat Soto Bogor :
  1. Pertama tama kita rebus babat, paru, usus, daun salam, asam jawa, jahe, 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok makan garam dengan air hingga daging empuk. Angkat dan tiriskan. 
  2. Kita rebus daging sengkel sapi hingga empuk dan saring airnya.
  3. Kita didihkan santan kita masukkan daging sengkel, usus, babat dan juga paru masak hingga matang.
  4. Panaskan minyak pada wajan lalu setelah itu tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan sereh dan daun jeruk hingga harum.
  5. Setelah bumbu matang, masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging, rebus daging dengan api kecil hingga matang.
  6. Setelah matang, tambahkan dengan merica bubuk, garam, daun bawang, kaldu sai blok dan gula pasir, aduk rata lalu cicipi rasanya.
  7. Setelah mendidih dan harum, matikan api lalu tiriskan paru, daging, usus dan babat lalu potong potong sesuai selera.
  8. Untuk membuat sambal cabai rawit : rebus cabai rawit bersama dengan bawang merah hingga layu, uleg hingga halus, tambahkan dengan gula pasir dan garam, uleg hingga halus.
Tara Jadi sudah soto bogornya, Sobat aneka rasa langkah terakhir tinggal sajikan soto bersama dengan potongan daging, sambal dan pelengkapnya. cukup mudah bukan proses memasak soto bogor ini.
Read More

Resep Cara Membuat Puding Gula Merah Santan Spesial

Hai sobat aneka rasa, masih ingin nyobain resep resep baru dari saya. di kesempatan kali ini saya ingin berbagi resep tentang puding, udah pada tau kan apa itu puding ? mungkin saya tidak perlu menjelaskannya lagi kepada sobat pencinta resep aneka rasa karena pasti sobat sudah mengenal yang namanya puding. Puding yang satu ini namanya Puding Gula Merah Santan Sobat. Belum pernah nyobain kan puding ini, cara membuatnya sangat mudah lho..." ok langsung saja ya sob kita siapin dulu bahan bahanya seperti dibawah ini
Puding Gula Merah Santan nikmat dan spesial
Puding Gula Merah Santan

Bahan Puding Gula Merah Santan
  • 1 bungkus agar agar bubuk warna putih 
  • 800 ml santan terbuat dari 1/2 butir kelapa 
  • 2 lembar daun pandan 
  • 200 gram gula merah sisir 
  • 1/4 sendok teh garam 
  • 75 gram kelapa muda (degan) kita keruk melebar 
Resep Menarik Lainnya : Pai Puding Mangga

Setelah sobat aneka rasa mempersiapkan bahan bahan yang tertulis diatas kita langsung ketahap pembuatannya, disimak baik baik ya biar nanti sobat mudah dalam mengerjakannya.

Cara Membuat Puding Gula Merah Santan
  1. Campurkan agar agarnya dulu dengan gula dan garam lalu sobat aduk hinga merata.
  2. Kemudian tambahkan dengan santan sedikit demi sedikit sambil dan sobat aduk lagi hingga merata.
  3. Masak dengan api yang sedang sambil di aduk aduk hingga mendidih. 
  4. Tuang 1/3 bagian puding pada loyang lalu bekukan, tata kelapa muda di atasnya lalu tuang dengan 1/3 bagian adonan puding di atasnya, biarkan lagi hingga setengah beku. 
  5. Terakhir tambahkan dengan kelapa mudanya dan tuang sisa adonan puding lalu biarkan hingga beku pada lemari es. Setelah dingin, potong potong dah sesuai bentuk selera sobat aneka rasa.
Sobat tinggal sajikan Puding Gula Merah Santan yang telah sobat bikin tadi, Mudah bukan cara membuatnya,,," Sampai ketemu lagi di Resep Aneka Rasa berikutnya :)
Read More

Resep Cara Membuat Dadar Gulung Unti Kelapa Spesial Dengan Mudah

Selamat pagi sobat aneka rasa, di pagi yang cerah ini saya akan berbagi resep makanan / kudapan yang pasti sobat semua sudah tahu dengan yang namanya Dadar Gulung Unti kelapa. Dadar yang satu ini di dalamnya berisi parutan kelapa manis, namanya juga dadar gulun unti kelapa udah pasti kan isi nya kelapa :D :D :D . Dalam cara membuat dadar gulung unti kelapa ini juga tidak begitu sulit kog sobat aneka rasa, jika sobat ingin mencoba membuatnya mari kita sediakan dulu bahan bahannya.
Resep Dadar Gulung Unti Kelapa
Dadar Gulung Unti Kelapa Special

Bahan Membuat Dadar Gulung Unti Kelapa
  • 100 gram tepung terigu
  • 200 gram kelapa parut kasar
  • 100 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 butir telur ayam
  • 350 ml santan
  • 1/4 sendok teh garam
  • pasta pandan secukupny
Resep Menarik lainnya : Membuat Bakwan Udang
Setelah Sobat Aneka Rasa sudah mempersiapkan bahan bahan yang tertera diatas mari kita lanjut ketahap cara membuat dadar gulung unti kelapa nya. Disimak baik baik ya sobat aneka rasa... !!!

Cara Membuat Dadar Gulung Unti Kelapa.
  1. Kita buat dulu nih kulit dadarnya : campurkan tepung terigu dan garam, lalu kita tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan wisk, jangan lupa ya sobat aneka rasa diaduk hingga adonan menjadi licin. 
  2. Kita tambahkan pasta pandan, aduk hinga merata sobat. Lalu buat adonan dadar diatas teflon yang telah dipanaskan.
  3. Setelah dadarnya habis sobat bikin dah bagian isinya : Panaskan air, daun pandan, gula dan garam. Aduk aduk hingga gula menjadi larut sobat. 
  4. Kemudian sobat masukkan kelapa parut kasar, aduk aduk hingga air meresap dan tidak tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering. Ingat ya sobat harus dinginkan telebih dahulu. 
  5. Ambil selembar kulit dadar dan beri bahan isi lipat dan gulung.
Selesai dah cara membuat dadar gulung unti kelapanya, mudah bukan cara bikinya,,,!!!
Read More

Resep Membuat Martabak Gulung Dengan Mudah

Aneka Rasa : pada kesempatan yang indah dan berbahagia ini tentunya, kami ingin memberikan bagaimana resep cara membuat martabak gulung enak untuk anda dalam memenuhi kreasi menu masakan anda sehari hari. Dalam proses dan cara membuat makanan berikut ini, kami sudah menuliskan diskripsi dan langkah langkah didalam resep ini dengan lengkap, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk memasak hidangan yang satu ini. Untuk resep nya secara rinci mari kita simak bersama resepnya.
Cara Membuat Martabak Gulung Spesial
Martabak Gulung
Bahan Resep Martabak Gulung :
  • 1/8 sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 35 gram gula pasir
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 325 ml air
Bahan Taburan Martabak Gulung :
  • 1/4 sendok teh wijen, sangrai
  • 1 sendok teh susu kental manis putih
  • 50 gram keju cheddar parut
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok makan margarin
  • 2 sendok teh meises
Resep Menarik  : Martabak Cokelat Kacang Merah
Cara Membuat Martabak Gulung:
  1. Ayak tepung terigu, baking powder, vanili bubuk, garam, dan gula pasir. Tambahkan telur. Kocok rata.
  2. Tuang air sedikit-sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah sampai lembut. Diamkan 1 jam.
  3. Ambil 75 gram adonan. Tambahkan 1/8 sendok teh baking powder. Aduk rata. Tuang di wajan dadar kotak.
  4. Biarkan berlubang. Tabur gula pasir. Tutup. Biarkan sampai matang. Angkat.
  5. Oles margarin. Tabur meises, wijen, dan susu kental manis putih. Letakkan keju di salah satu ujungnya. Gulung.
  6. Oles kulitnya dengan margarin.
*Sajian Dalam 10 buah
Read More

Resep Cara Membuat Sop Ikan Batam Dengan Mudah

Aneka Rasa : Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan resep hidangan satu ini pada anda mengenai Resep Cara Membuat Sop Ikan Batam spesial yang mungkin dapat membantu masalah anda dalam memasak serta tuntutan memasak yang anda rasakan. Untuk tahapan membuat hidangan yang satu ini, andapun tidak terlalu sulit mengikuti karena sudah kami tulis secara rinci. Sop ikan yang segar ini bisa kita buat sendiri, lo, tanpa harus mampir di restoran. Membuatnya juga mudah dan bahan-bahannya juga gampang diperoleh. Inilah caranya.
Cara Membuat Sop Ikan Batam Special
Sop Ikan Batam
Bahan-bahan:
  • 1 sendok makan ebi, disangrai, dihaluskan
  • 2 sendok makan bawang merah goreng, diremas-remas
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 100 gram sawi asin, dipotong-potong
  • 300 gram ikan tenggiri fillet, iris miring melebar
  • 1/2 sendok teh air jeruk nipis
  • 1.500 ml air
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 3 buah tomat hijau, dipotong-potong
  • 3 tangkai kemangi, dipetiki
Resep Menarik Lainnya : Ramen Salmon Pedas
Cara membuat:
  1. Lumuri ikan tenggiri dengan air jeruk nipis. Sisihkan.
  2. Rebus air, ebi, bawang merah goreng, garam, dan merica bubuk sampai mendidih dan harum.
  3. Masukkan ikan tenggiri. Masak sampai berubah warna. Tambahkan sawi asin, kecap ikan, dan tomat hijau. Masak sampai matang dan mendidih.
  4. Menjelang diangkat, tambahkan daun kemangi. Aduk rata. Sajikan hangat.
*Sajikan Dalam 6 porsi
Read More

Resep Cara Membuat Martabak Cokelat Kacang Merah Dengan Mudah

Resep-gogon : Untuk kesempatan kali ini maka kami reseponline.info ingin berbagi pada anda seputar info resep cara membuat martabak coklat yang mungkin dapat memberi anda suatu ide dalam membuat sajian untuk keluarga. Pada resep cara membuat martabak coklat kacang merah spesial kali ini, dalam proses membuat hidangan ini tentunya bahan bahan nya adalah salah satu faktor utama. Bahan yang segar akan memberikan cita rasa yang lezat pada masakan anda. Untuk itu sebelumnya anda harus memilih bahan dengan benar sebelum memasak. Untuk info resep membuatnya mari kita simak bersama.
Cara Membuat Martabak Cokelat Kacang Merah Spesial
Martabak Cokelat Kacang Merah
Bahan Martabak Cokelat Kacang Merah:
  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram gula pasir
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 650 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh cokelat pasta
  • 1 sendok makan maizena
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 1 1/2 sendok teh baking powder
Bahan Isi Martabak Cokelat Kacang Merah:
  • 150 gram kacang merah, direbus sampai empuk, diangkat dan dihaluskan
  • Bahan Taburan (per Loyang):
  • 1 sendok makan margarin
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 100 gram keju cheddar parut
  • 125 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 400 ml santan dari 1 butir kelapa
Resep Menarik LainnyaKlapertart Pandan Kukus
Cara Membuat Martabak Cokelat Kacang Merah:
  1. Martabak manis, ayak tepung terigu, maizena, cokelat bubuk, dan baking powder. Masukkan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan telur kocok. Aduk rata.
  2. Tuang air, garam, cokelat pasta sedikit – sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah sampai lembut. Diamkan 1 jam. Adonan siap digunakan.
  3. Isi, campur kacang merah, gula pasir, daun pandan, dan garam. Tuang santan. Masak sambil diaduk sampai licin dan kental.
  4. Ambil 150 gram adonan martabak. Tambahkan 1/2 sendok teh baking powder. Aduk rata.
  5. Tuang di cetakan martabak manis kecil yang sudah dipanaskan dengan api sedang. Cetakan tidak perlu dioles. Biarkan berbusa. Kecilkan apinya. Biarkan sampai berlubang. Tabur gula pasir. Tutup sampai matang. kemudian Angkat.
  6. Oles martabak dengan margarin. Oles isi. Tabur keju. Lipat setengah lingkaran.
  7. Oles kulitnya dengan margarin.
*Sajikan dalam 15 buah
Read More
Powered by Blogger.