5 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Otak Secara Perlahan

Menurut id.wikipedia menjelaskan bahwa Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia juga memiliki jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Otak terbentuk dari dua jenis sel yaitu glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensi aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmiter.
5 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Otak Secara Perlahan
5 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Otak Secara Perlahan

Akan tetapi anda sadar atau tidak, dalam kegiatan sehari-hari mungkin anda pernah melakukan beberapa kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang sebenarnya akan merusak fungsi otak secara perlahan - lahan. Meski efek yang dikeluarkan tidak langsung nampak terasa, ada baiknya juga jika anda mengurangi atau lebih baik menghindari kebiasaan yang berdampak buruk. Ada Lima (5) Kebiasaan yang tanpa kita sadari itu berdampak tidak baik bagi diri kita, dantaranya

1. Tidak Terbiasa / Jarang Sarapan Pagi

Menurut sebuah penelitian, sarapan dipagi hari merupakan hal wajib, walaupun hanya dengan roti atau semangkuk sereal. Hal ini dikarenakan makanan sehat yang dikonsumsi pada pagi hari memberikan kontribusi baik bagi tubuh serta otak untuk melakukan kegiatan setelahnya. Dan akan berakibat suplai nutrisi ke otak menjadi kurang. Sehingga lambat laun otak akan bekerja lebih lambat dan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi.

2. Makan Makanan Terlalu Over / Berlebihan 

Terkadang kita tidak sadar dalam merasakan nikmatnya sebuah makanan, hingga kita lupa porsi makan yang pas buat di konsumsi tubuh. Untuk yang menyukai makanan yang berkadar lemak tinggi  hal tersebut dapat mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah pada otak karena penimbunan lemak yang berlebih pada dinding pembuluh darah. Dampak tersebut akan mempengaruhi kemampuan kerja otak. Selain itu, terlalu banyak makan juga dapat mengakibatkan ketidakseimbangan produksi hormon insulin serta obesitas (kegemukan).

3. Kurang Istirahat Dimalam Hari 

Untuk Sobat yang hoby begadang di malam hari hanya untuk kegiatan yang tidak terlalu penting sebaiknya dihentikan kebiasaan buruk tersebut. Karena otak juga memerlukan istirahat untuk memulihkan kemampuan dalam menjalankan tugasnya. Dan tidur adalah waktu yang paling tepat untuk mengistirahatkan otak . Kurangnya waktu tidur akan mengakibatkan kerusakan sel-sel pada otak secara perlahan. Idealnya, waktu tidur yang cukup yaitu selama 6 sampai 8 jam dalam sehari.

4. Berfikir Terlalu Keras Dalam Kondisi Tubuh Tidak Fit

Dalam keadaan tubuh kita sedang kurang sehat atau sakit, sebaiknya jangan memikirkan hal-hal yang terlalu berat, apalagi sampai berpikir terlalu keras meski sebenarnya kita mampu memikirkannya. Akan tetapi lebih baik, Kita istirahat yang cukup untuk memulihkan kesehatan tubuh dan pikiran. Karena jika Kita memaksa berpikir terlalu keras saat dalam kondisi kurang fit menyebabkan efektifitas otak menjadi berkurang serta dapat merusak otak secara perlahan - lahan. 

5. Mengkonsumsi Nikotin dan Tar pada Rokok

Nah bagian terkahir ini yang keliatannya sulit diatasi bagi kaum adam :D karna saya sendiri juga perokok entah saya tergolong perokok aktiv atau pasaif saya juga kurang begitu mengerti. Namun Alangkah baiknya jika kita tidak bisa berhenti mengkonsumsi rokok, sebaiknya kita bisa mengurangi aktivitas merokok kita sedikit demi sedikit. Karena merokok sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Zat-zat yang terkandung di dalam rokok jika terhisap, akan dapat menyebabkan penipisan selaput otak dan penyusutan otak secara perlahan. Selain itu, merokok juga akan merusak paru-paru. Dan yang mematikan, merokok dapat menyebabkan penyakit kanker.

Sebenarnya masih banyak hal hal kecil yang dapat mempengaruhi otak kita, Namun dari 5 kebiasaan diatas jika kita mampu mengurangi atau menghindarinya kita bisa meningkatkan kinerja otak kita lebih baik lagi.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments