-->

Resep Membuat Kue Klepon dari Ketan Istimewa

Klepon adalah makanan khas bangsa kita yang mempunyai bentuk yang unik yaitu berbentuk bulat dan berwarna hijau, rasa ketan yang legit didalamnya dan taburan parutan kelapa diluarnya membuat kue klepon ini sangat istimewa sehingga banyak yang menggemarinya baik itu dari kalangan anak-anak, orang dewasa maupun sampai yang sudah tua. Sebenarnya kue klepon ini mempunyai dua jenis ada kue klepon ketan dan ada juga kue klepon ubi, namun kedua makanan ini sangat enak karena mempunyai rasa manis yang pas dan bentuk yang unik.
|Jika dijaman sekarang yang sudah serba instan ini anak-anak kita diberi makanan ataupu cemilan yang baik buat perkembangannya ketimbang kita membiarkan anak-anak jajan dan mengkonsumsi makanan yang instan yang kita sendiri gak tau bahan yang digunakan dan cara pembuatannya bagaimana apakah baik buat kesehatan anak atau tidak. Untuk itu bisa menyajikan makanan yang enak dan menarik terutama bagi anak-anak adalah hal yang harus kita punya, yang salah satunya disini kami akan berbagi resep tentang cara membuat kue klepon yang pastinya keluarga dirumah akan pada suka dengan kue ini. Langsung saja kami sajikan resep membuatnya dibawah ini.
Resep Kue Klepon dari Ketan
Kue Klepon Ketan

Bahan Bahan
  •     50 gram tepung beras halus
  •     250 gram tepung ketan halus
  •     2 sendok makan pasta pandan
  •     ½ sendok makan garam halus
  •     2 lembar daun pandan
  •     ½ sendok makan air kapur sirih
  •     ½ potong parutan kelapa agak tua
  •     200 gram gula merah
  •     Air putih secukupnya
Cara membuat kue klepon ketan
  1. Siapkan wadah kemudian masukka tepung ketan dan tepung beras.
  2. Masukkan air kapur sirih dan pasta ke adonan sambil diaduk tambahkan air secara perlahan sampai adonan agak mengental.
  3. Iris gula merah kecil-kecil.
  4. Bentuk adonan kemudian tambahkan irisan gula merah didalamnya dan bikin bulat sesuai selera sampai semua adonan habis.
  5. Lalu panaskan air dan tunggu sampai mendidih.
  6. Rebus adona kue klepon yang sudah dibentuk bulat dan diberi isi tadi sampai mengapung kemudian tiriskan.
  7. Setelah semua adonan direbus, kemudian kukus sampai matang.
  8. Kemudian siapkan parutan kelapa diwadah kemudian tambahkan sedikit garam dan irisan daun pandan sambil diaduk.
  9. Kue klepon yang sudah matang sajikan dipiring kemudian taburi dengan parutan kelapa dan guling-guling sampai semua kue klepon terbungkus parutan kelapa.
  10. Kue klepon ketanpun sudah siap untuk dinikmati.
Bagaimana mudah bukan resep membuat kue klepon isi ketan ini, anda bisa membuatnya dirumah sebagai cemilan sehat untuk anak-anak dan keluarga. Kue klepon ini akan sangat pas jika disajikan dengan kopi, teh atau jahe susu yang akan memberikan nuansa yang lebih nikmat. Sekian resep membuat aneka kue dirumah yang bisa anda coba dan jangan lupa ikutin terus resep-resep makanan enak lainnya hanya disini. terimakasih
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments