Tips Tips Kesehatan Buah Hati Di Usia Dini

Anak sehat adalah salah satu dambaan setiap orangtua. Jika kesehatan anak terganggu maka akan berdampak terhadap tumbuh kembangnya. Menjaga kesehatan anak usia dini memang sepantasnya dilakukan sebab hal ini akan berdampak jangka panjang terhadap masa depan anak. Bukan perkara yang sulit untuk menjaga kesehatan anak usia dini. Banyak cara yang bisa Anda lakukan salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat dan asupan makanan bergizi bagi anak.
Tips Tips Kesehatan Buah Hati Di Usia Dini
Tips Tips Kesehatan Buah Hati Di Usia Dini

Tanpa asupan gizi yang baik maka kemungkinan si kecil sangat rentan mengalami gangguan pertumbuhan dan bisa memicu terjadinya berbagai penyakit. Maka dari itu, jangan pernah mengabaikan asupan gizi dalam tahap tumbuh kembang anak. Berikut ini tips kesehatan anak yang sebaiknya Anda perhatikan supaya tumbuh kembangnya tidak mengalami gangguan.

Memberikan Asupan Buah dan Sayur

Salaha satu tips kesehatan anak usia dini yang sebaiknya Anda perhatikan yaitu dengan memberikan asupan makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan. Jenis makanan tersebut kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral dan antioksidan.

Semua nutrisi tersebut memegang peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan anak dalam setiap tahap tumbuh kembangnya. Vitamin, mineral dan antioksidan membantu meningkatkan sistem imun anak sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang bisa mengancam tumbuh kembangnya.

Asam Lemak Omega-3

Selanjutnya untuk mendukung perkembangan otak si kecil dalam setiap tahap tumbuh kembangnya maka sebaiknya perhatikan asupan makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Nutrisi tersebut bi9sa diperoleh dari makanan seperti ikan salmon, buah-buahan maupun ikan tuna.

Asupan asam lemak omega-3 tidak boleh disepelekan dalam tahap tumbuh kembang anak sebab perannya sangat perting untuk kecerdasan otak anak. Berikan asupan makanan tersebut secara rutin pada anak supaya tumbuh kembangnya berjalan optimal.

Protein dan Karbohidrat Kompleks


Kedua  nutrisi tersebut dibutuhkan dalam tahap tumbuh kembang anak sebagai sumber nutrisi yang menunjang aktivitas anak dari segi fisik dan psikis. Sumber makanan yang menyediakan nutrisi tersebut diantaranya yaitu gandum, biji-bijian, kacang-kacangan dan telur.

Perhatikan Asupan Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang dibutuhkan dalam menunjang perkembangan fisik anak seperti petumbuhan tulang secara optimal. Nah, jangan lupa berikan susu yang berkualitas untuk sikecil di usia dini sebagai upaya mengoptimalkan perkembangan fisiknya.

Apabila si kecil tidak begitu menyukai susu maka sebaiknya berikan makanan yang mengadung kalsium dalam bentuk yang lain seperti keju atau yoghurt. Disamping itu jika si kecil alergi terhadap susu sapi maka bisa menggantinya dengan asupan susu kedelai.

Begitulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait tips anak sehat usia dini dari segi asupan nutrisi. Jangan menyepelekan asupan nutrisi dan kesehatan anak sebab dampaknya akan sangat fatal dan mengganggu tumbuh kembangnya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments