Enam Vitamin Yang Memiliki Peran Penting Untuk Ibu Hamil

Kehamilan merupakan masa terpenting dimana anda sangat menjaga kondisi kesehatan janin. Gaya hidup dan pola makanan menjadi salah satu yang dapat anda pilih sehingga memiliki manfaat untuk tubuh anda. Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, mineral, air dan vitamin. Kandungan vitamin sangat dibutuhkan mengingat tubuh tidak dapat menghasilkan vitamin. Sedangkan vitamin memiliki fungsi yang besar dalam membantu anda dalam proses metabolisme. Begitu juga pada ibu hamil yang membutuhkan vitamin tidak sekedar dalam metabolisme tubuh akan tetapi yang bermanfaat dalam membantu perkembangan janin. Oleh karena itu ibu hamil memerlukan jenis vitamin penting yang membantu perkembangan kehamilan.
Enam Vitamin Yang Memiliki Peran Penting Untuk Ibu Hamil

6 (enam) vitamin yang memiliki peran penting untuk ibu hamil

1. Vitamin A
Vitamin A bermanfaat untuk anda yang sedang hamil apalagi dalam trimester pertama hal ini berkaitan dengan daya tahan tubuh yang dapat meningkat dengan konsumsi vitamin A. Selain itu Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Konsumsi kandungan vitamin A yang terdapat pada sayur berwarna hijau dan orange, susu, hati ayam.

2. Vitamin B
Vitamin B memiliki beberapa jenis yang masing-masing memiliki manfaat untuk tubuh termasuk untuk ibu hamil. Berikut jenis vitamin B dan kegunaannya bagi ibu hamil.
Vitamin B1. Vitamin B1 atau dikenal dengan tiamin berguna untuk meminimalisir morning sickness bagi ibu hamil selain itu melancarkan pencernaan . Hal yang tak kalah penting pada trimester akhir konsumsi makanan dengan sumber vitamin B1 akan membantu dalam menyiapkan produksi ASI.Vitamin B1 di dapat dari hati, kacang-kacang, gandum.
Vitamin B2. Dikenal dengan istilah riboflavin yang berfungsi dalam perkembagan janin di minggu pertama dan membantu dalam mengurai makanan menjadi sari makanan yang dibutuhkan oleh janin selama masa kandungan. Makanan yang memiliki sumber vitamin B2 adalah keju, susu, brokoli, jamur, telur dan sayuran hijau.
Vitamin B 3. Berfungsi dalam membantu anda mengurangi mual dan muntah di kehamilan pertama dan membentuk sel otak janin. Viramin B3 dibutuhkan ibu hamil sebesar 18 mg. Anda dapat melengkapi dengan konsumsi gandum, hati, sayuran hijau, kacang tanah, susu.
VitaminB 5. Vitamin B5 dangat berfungsi falam memelihara sel darah merah selama kehamilan, kebutuhan ibu hamil sebesar 5 mg. Anda dapat meningkatkan konsumsi ayam, alpukat, semangka dan ikan sarden.
Vitamin B 6. Dikenal dengan istilah pridoksin yang diperlukan dalam meningkatkan kekebalan tubuh selama kehamilan. Makanan dengan sumber makanan vitamin B6 adalah gandum, ikan, susu, kacang kedelai.
Vitamin B 12. Berperan selama kehamilan anda dalam membentuk sistem saraf pusat janin dan sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan 2,6 mkg. Makanan dengan sumber B12 terdapat pada telur, susu, rumput laut, daging sapi.

3. Vitamin C
Vitamin C dibutuhkan untuk ibu hamil dalam penyerapan zat besi di usus mengingat ibu hamil banyak yang mengalami anemia. Konsumsi zat besi akan optimal dibarengi dengan vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan.

4. Vitamin D
Vitamin D memiliki manfaat dalam mengurangi resiko hipertensi dan diabetes. Selain itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesulitan bernafas pada bayi. Bantuan sinar matahari memiliki peran dalam memberikan vitamin D pada tubuh.

5. Vitamin E
Melindungi asam lemak yang dibutuhkan janin selain itu menjaga kualitas sel kulit ibu karen peregangan janin. Makanan dengan sumber vitamin E adalah gandum.

6. Vitamin K
Vitamin K memiliki peranan yang sama dengan vitamin E melindungi asam lemak yang dibutuhkan janin. Selain itu juga memiliki peranan membentuk darah bagi ibu hamil. Berikut makanan dengan kandungan vitamin K yang berasal dari sayuran yang berdaun hijau.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments