-->

Resep Membuat Kue Bika Ambon Tradisional Kota Medan

Bika ambon adalah makanan khas sovenir dari kota medan, meski menyandang sebutan kue bika ambon ternyata kue ini bukanlah kue yang berasal daro kota ambom lho melainkan nama ambon yang diambil merupakan dari nama salah satu jalan dikota medan yaitu jalan ambon yang kebetulan kue ini pertama kali dijual di jalan ini sehingga sampai sekarang populernya dengan sebutan kue bika mabon. Terlepas dari itu semua kue bika ambon ini selain rasanya yang enak legit ternyata memiliki bentuk yang unik yaitu warnanya kuning dan kue agak berlubang namun tidak berbentuk seperti sarang tawon, inilah yang membuat kue bika ambon menjadi burupan para pecinta kue.

Dalam cara membuatnya juga diperlukan kesabaran yang penuh karena untuk membuat adonannya yang bagus memerlukan pendiaman selama semalam dan cara pemanggangannya juga membutuhkan perhatian yang lebih, namun semuanya itu pastinya akan terbayar dengan kenikmatannya jika kue yang dihasilkan benar-benar sempurna. Bagi anda yang penasaran dengan cara membuat kue bika ambon ini, anda bisa mengikuti resep yang akan kami sajikan dan tentunya dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas bagus agar hasil kuenya dapat dengan sempurna. Berikut adalah resep kue bika ambon yang akan kami sajikan.
Resep Kue Bika Ambon Tradisional
Kue Bika Ambon Tradisional

Bahan Bahan
  • 300 gram tepung sagu
  • 500 mil air santan kelapa segar
  • 200 mil air kelapa segar
  • 400 gram gula pasir putih
  • 15 butir kuning telur ayam kampung
  • 3 lembar daun jeruk nipis
  • 1 sendok makan vanili bubuk
  • Garam secukupnya
  • ½ sendok makan ragi instan
  • 100 gram tepung terigu
  • Air putih matang secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuat kue bika ambon
  1. Langkah pertama yaitu siapkan wadah kemudian campurkan ragi instan, tepung terigu dan air kelapa segar sambil diaduk dengan mixer sampai lembut dan biarkan sampai adonan mengembang.
  2. Langkah kedua siapkan kembali wadah masukkan gula pasir, vanili dan beri sedikit garam dan aduk sampai semua bahan tercampur, tambahkan kuning telur ayam satu persatu sambil diaduk sampai semua kuning telur tercampur.
  3. Campurkan adonan diwadah yang kedua dengan adonan diwadah yang kedua, tambahkan tepung sagu kemudian aduk kembali sampai semua adonan tercampur.
  4. Tambahkan air santan kelapa kental segar kedalam adonan dan aduk sampai tercampur dengan sempurna kemudian tutup adonan degan plastic atau serbet dan biarkan selama semalaman sampai adonan mengembang dan membentuk lubang sarang tawon.
  5. Untuk proses memanggangnya panskan loyang terlebih dulu, kemudian olesi dengan sedikit minyak agar tidak lengket.
  6. Panaskan oven kemudian tuangkan adonan keloyang dan masukkan kedalam oven / panggangan dengan api sedang dan buka pintu oven sedikit agar udaranya bisa tersalurkan.
  7. Panggang sampai kue matang dan mengembang, kemudian angkat dan tiriskan.
  8. Potong kue kemudian sajikan dipiring dan sisanya bisa dimasukkan kedalam toples.
  9. Kue bika ambon siap untuk dinikmati.
Begitulah sobat dengan resep membuat kue bika ambon yang bisa anda coba dirumah. Ingat gunakan bahan yang brkualitas dan saat pemanggangan buka pintu oven agar kue bisa matang dengan sempurna dan tidak mantet, terimakasih dan selamat mencoba.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments